Keunggulan

Pendidikan Islam Terpadu

Pendidik di Daaruttaqwa adalah para mukhlisin yang profesional dan berpengalaman dalam berbagai disiplin ilmu. Mereka berasal dari alumni Pondok Modern Gontor, KMMI Daaruttaqwa, IPB, UI, UGM, UNJ, UIN, UNILA, UNISBA, UHAMKA, UIKA, UNIDA, UNPAK, Univ Gunadarma

Santriwan & Santriwati

Santri Daaruttaqwa adalah calon generasi Robbani yang “Aliman – Sholihan – Mujahidan”, Mereka datang dari berbagai pelosok tanah air, mulai dari Aceh, Medan, Padang, Riau, Palembang, Lampung, Banten, Jakarta, Jabar sampai ke NTT, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua

Arah dan Sasaran Pendidikan

Mengorientasikan santri kepada :
ke-masyarakatan, menjunjung tinggi solidaritas Islam sebagai perekat utama dan Ibadah-tholabul ilmi.

Guna kelancaran proses transpormasi ilmu dengan pendekatan yang multi disipliner, maka santri harus bermukim didalam kampus selama masa pendidikan.

_MG_4268
_MG_4182
Perumpamaan orang yang mempelajari ilmu pada waktu kecil adalah seperti memahat batu, sedangkan perumpamaan mempelajari ilmu ketika dewasa adalah seperti menulis di atas air.

HR ath-Thabrani dari Abu Darda’ ra

Pendidikan dan Pengajaran

Untuk merealisasikan Visi, misi dan tujuan Pesantren Maka didirikan lembaga pendidikan yang dikenal dengan KMMI (Kulliyatul Mu’alimin Wal-Mu’alimat Al-Islamiyyah) Plus SMP-SMA, yaitu Sekolah pesemaian kader-kader unggulan, dengan berbasis pada IMTAQ dan IPTEK.

Kurikulum dan Proses Pembelajaran

Pesantren terpadu Daaruttaqwa menggunakan kurikulum Pondok Modern Gontor dan Pesantren Tradisional, serta Kurikulum Diknas dan pendidikan luar sekolah yang diperkaya dengan Visi dan Misi Daaruttaqwa.

Maka disini diberikan bimbingan secara terpadu:
Mulai dari pengajaran dasar-dasar agama (Islamic Studies), Sciences dan Teknologi (Academic Programs), bahasa internasional Arab & Inggris (Global Vision Building) sampai kepada pembekalan keterampilan (Interpersonal Skill), seperti: IT, Leadership atau LDKS dan Kursus Instruktur Muda Pramuka.

Sementara transformasi ilmu agama dan bahasa Arab/Inggris disampaikan dengan Direct Method, agar santri bisa berkomunikasi langsung dengan bahasa internasional, dan mampu menguasai disiplin ilmunya.

Adapun bidang studi umum yang di-UAN / UAS-kan akan diajarkan dengan Bahasa Inggris, Dan tetap mengacu pada standar kurikulum pendidikan nasional, ditambah praktikum dilaboratorium, penelitian (kunjungan ilmiyah) dan rencana pertukaran antara pelajar (Student Exchange).

Untuk pembinaan ibadah terus dilatih secara intensif, seperti : shalat berjamaah, baca tulis Al-Qur’an, pembinaan sikap mental dan kepribadian, motivasi belajar dan kesadaran berdisiplin, serta pengkajian kitab-kitab klasik.

Fasilitas Pendidikan

Aktivitas di Dalam Kampus

Kegiatan pendidikan dan pembinaan santri berlangsung mulai pukul 04.00 s/d pukul 22.00 WIB, berupa:

_MG_4552
_MG_2937